10 Situs Jurnal Pendidikan Indonesia Gratis Bereputasi

10 Situs Jurnal Pendidikan

10 Situs Jurnal Pendidikan Indonesia Gratis Bereputasi

Situs Jurnal Pendidikan. Kesibukan menyusun karya ilmiah membuat kamu akrab dengan 10 situs jurnal pendidikan Indonesia gratis bereputasi. Jurnal di bidang pendidikan adalah jenis jurnal yang membahas hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan.

Jurnal ini kemudian dipublikasi, sehingga bisa disebut sebagai jurnal bereputasi yang mana memang mengarah pada jurnal internasional. Lalu, apa yang dimaksud dengan jurnal bereputasi dan dimana bisa mendapatkannya?

Berikut informasinya.

Jurnal Bereputasi

Jurnal ilmiah menjadi satu diantara beberapa jenis literatur yang ideal sekaligus sering dijadikan referensi. Baik referensi untuk melakukan kegiatan penelitian maupun menyusun karya ilmiah, sebut saja seperti skripsi, tesis, disertasi, atau jurnal ilmiah lain yang masih berhubungan.

Ketika jurnal akan dijadikan sumber referensi, maka terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh jurnal tersebut. Sehingga status jurnal menjadi “layak” untuk dijadikan referensi. Sebab tidak semua jurnal bisa dikatakan tepat atau layak dijadikan referensi, karena satu dan lain hal.

Pada umumnya, jurnal yang bisa dijadikan referensi adalah yang sudah memenuhi kriteria menjadi jurnal terakreditasi dan juga jurnal bereputasi. Apa bedanya?

Jadi, klasifikasi jurnal ilmiah memang terbilang luas. Dilihat dari cakupan publikasinya bisa menemukan jurnal nasional dan internasional. Jurnal nasional yang berkualitas dan diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Kepala LIPI disebut jurnal terakreditasi.

Semua jurnal yang statusnya sudah terakreditasi, praktis menjadi jurnal nasional yang sudah layak di jadikan referensi. Lalu, apa yang di maksud dengan jurnal bereputasi?

Istilah jurnal bereputasi di tujukan untuk jurnal internasional, yang cakupan publikasinya lebih luas. Adapun yang di maksud dengan jurnal internasional bereputasi adalah jurnal-jurnal ilmiah yang memenuhi kriteria jurnal internasional dan terindeks ke situs database bereputasi.

Saat ini situs database jurnal ilmiah bereputasi ada Scopus dan Web Science. Artinya, semua jurnal internasional yang sudah masuk ke dalam database dua situs tersebut adalah jurnal internasional bereputasi.

Jadi, bisa di bedakan dengan mudah ya antara jurnal terakreditasi dengan jurnal bereputasi. Oleh sebab itu pada saat membahas 10 situs jurnal pendidikan Indonesia gratis bereputasi maka mengarah pada jurnal internasional di bidang pendidikan.

Baca Juga: 3 Dampak Perubahan RUU Sisdiknas Bagi Pendidikan Tinggi

Ciri-Ciri Jurnal Bereputasi

Memudahkan proses mencari jurnal pendidikan bereputasi, maka perlu memahami dulu ciri-cirinya seperti apa. Baru kemudian mencarinya di 10 situs jurnal pendidikan Indonesia gratis bereputasi untuk memastikan jurnal yang didapat adalah jurnal internasional terbaik.

Berikut merupakan ciri-ciri jurnal internasional yang bereputasi:

1. Struktur Memenuhi Kaidah Ilmiah dan Etika Keilmuan

Ciri-ciri pertama untuk menentukan suatu jurnal pendidikan internasional sudah bereputasi atau belum adalah bisa di lihat dari struktur penulisannya. Ciri khas jurnal ilmiah adalah semua bagian dan kalimat di susun berdasarkan kaidah ilmiah dan etika keilmuan.

Ketika dari segi struktur penulisan saja sudah berbeda dari kaidah yang ada, maka tidak bisa di sebut sebagai jurnal. Lebih condong menjadi majalah atau jenis karya tulis lain selain jurnal ilmiah.

Sementara yang di maksud dengan kesesuaian dalam hal kaidah ilmiah dan etika keilmuan adalah semua narasi dalam jurnal di dasarkan pada bukti. Misalnya hasil nyata dari suatu penelitian, yang tentu bisa di buktikan secara langsung oleh penulis maupun siapa saja.

Jika narasi atau apa yang di sampaikan di dalam jurnal adalah opini semata, maka tidak bisa di sebut sebagai jurnal.

2. Sudah Memiliki ISSN

Jika memilih 10 situs jurnal pendidikan Indonesia gratis bereputasi pastikan jurnal yang di dapat sudah memiliki ISSN. ISSN atau International Standard Serial Number yang merupakan identitas dari suatu terbitan ilmiah, dalam hal ini adalah jurnal ilmiah internasional.

Fungsi ISSN sama persis dengan ISBN pada buku yang di terbitkan secara luas. Jurnal yang sudah memiliki ISSN artinya jurnal tersebut sudah terdaftar, sudah terdata, dan juga merupakan jurnal resmi. ISSN menjadi identitas yang hanya di miliki satu jurnal.

Pada saat jurnal dengan judul yang sama di terbitkan dalam versi cetak dan elektronik. Maka jurnal tersebut memiliki dua ISSN berbeda, satunya untuk jurnal cetak dan satunya lagi untuk jurnal elektronik.

3. Menggunakan Bahasa Resmi PBB

Ciri jurnal internasional bereputasi berikutnya adalah di lihat dari segi bahasa yang di gunakan. Jadi, pada saat menyebut atau membahas jurnal internasional bereputasi maka tidak ada yang memakai bahasa Indonesia.

Semua jurnal dari berbagai negara menggunakan bahasa resmi dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Yakni bahasa Inggris, Rusia, Mandarin, Arab, Perancis, dan juga Spanyol.

Diluar dari bahasa resmi PBB tersebut maka suatu jurnal belum bisa di sebut jurnal internasional, apalagi jurnal bereputasi.

4. Memiliki Terbitan Versi Daring

Salah satu syarat dari jurnal internasional adalah bisa di akses oleh banyak orang di seluruh dunia. Maka syarat penting atau ciri-ciri dari jurnal internasional, terutama yang bereputasi adalah memiliki terbitan versi daring atau online. Mengapa?

Sebab, jurnal yang di terbitkan secara online membuatnya bisa menembus batasan geografis. Sehingga memungkinkan jurnal tersebut untuk di baca oleh masyarakat di seluruh dunia.

Baca Juga: Ciri-Ciri Jurnal Predator yang Wajib Dipahami

5. Dikelola Secara Profesional

Mencari 10 situs jurnal pendidikan Indonesia gratis bereputasi sama artinya mencari jurnal pendidikan bereputasi. Pastikan jurnal-jurnal di situs tersebut memang bereputasi, dan salah satunya di tunjukan oleh pengelolaan secara profesional.

Ciri-ciri jurnal internasional bereputasi adalah jurnal yang publikasinya di kelola secara profesional. Yakni di tangani oleh perusahaan penerbitan yang memang memiliki kewenangan dan juga kemampuan untuk mempublikasikan jurnal ke ranah internasional.

6. Punya Dewan Editor

Jurnal internasional bereputasi juga wajib di kelola atau di periksa oleh dewan editor. Editornya pun bukan sembarang editor, melainkan para pakar di bidangnya dan sedikitnya berasal dari 4 negara berbeda.

Jadi, isi dari jurnal tersebut di pastikan sesuai dengan bidang keilmuan dari berbagai negara yang kemudian layak menjadi jurnal internasional.

7. Diterbitkan dalam Satu Terbitan

Ciri jurnal internasional bereputasi berikutnya adalah di terbitkan dalam satu issue atau satu terbitan. Maksudnya adalah jurnal internasional tersebut meskipun di tulis oleh beberapa penulis dari berbagai negara.

Tetap akan di publikasikan dalam satu nomor penerbitan.

8. Ditulis oleh Penulis dari Minimal 2 Negara

Jurnal internasional yang di muat di dalam 10 situs jurnal pendidikan Indonesia gratis bereputasi pastikan di susun dari beberapa penulis. Pasalnya, salah satu ciri sekaligus syarat suatu jurnal bisa masuk daftar jurnal internasional bereputasi adalah di susun minimal 2 penulis dan dari 2 negara berbeda.

Tidak masalah jika jurnal tersebut kemudian di tulis lebih dari 2 penulis dan lebih dari 2 negara berbeda. Memastikan penulisnya dari dua orang dan dari negara berbeda bisa dilihat pada bagian biodata penulis.

9. Terindeks di Database Internasional

Perbedaan mendasar antara jurnal internasional dengan jurnal internasional bereputasi adalah bisa tidaknya menembus database internasional. Jadi, di dunia jurnal internasional ada beberapa situs yang di kenal punya reputasi baik.

Situs ini memiliki proses seleksi ketat untuk membuatnya bisa di tembus oleh jurnal-jurnal yang di publikasikan secara internasional. Sehingga, semua jurnal yang sudah masuk ke dalam databasenya adalah jurnal internasional bereputasi.

Rekomendasi 10 Situs Jurnal Pendidikan Indonesia Gratis Bereputasi

  1. Perpusnas

  2. LIPI
  3. Portal Garuda
  4. Google Scholar
  5. IOSR Journal
  6. DOAJ
  7. CiteSeer
  8. JSTOR
  9. Microsoft Academic
  10. Sage Journals

Lewat daftar 10 situs jurnal pendidikan Indonesia gratis bereputasi tersebut maka kamu akan terbantu menemukan jurnal yang sesuai.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *